Minggu, 21 Juli 2019

SOSIALISASI PENGENALAN FINTECH ADAKITA DI PURWAKARTA



Assalamualaikum, Wr.Wb.



Dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat, kini kita telah di manjakan oleh kemudahan untuk mendapatkan segala sesuatu yang kita inginkan.
Dari mulai bangun tidur, sampai tidur lagi kita tidak lepas dengan kemajuan teknologi itu.
Contohnya untuk pergi ke tempat kerja, kita menggunakan ojek online, naik kereta / Transjakarta menggunakan uang elektronik berupa kartu, untuk bayar listrik pakai aplikasi di handphone, bahkan untuk membeli makanan kita juga menggunakan jasa online, dan masih banyak lagi kemudahan yang kita peroleh dengan adanya kemajuan teknologi. Sungguh semua sudah serba mudah dan tidak perlu membawa dompet tebal lagi kemana-mana.

Nah sekarang ada satu lagi kemudahan dari teknologi yang saat ini sedang marak di perbincangkan yaitu Fintech. Fintech yang biasa di kenal dengan Finansial Tekhnologi merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensionaenjafi moderat.
Pada awal nya dalam proses membayar kita harus bertatap muka dan membawa uang cash, tapi kini dengan jarak jauh pun transaksi dapat dilakukan dalam hitungan detik.

Fintech di Indonesia mempunyai badan hukum yang telah di atur Bank Indonesia. Fintech bermanfaat mendorong transmisi kebijakan ekonomi, meningkatkan kecepatan perputaran uang sehingga  meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendorong Strategi Keuangan Inklusif / SKNI.

Pada kesempatan kali ini, tepatnya Jumat 19 Juli 2019 bertempat di gedung DISPORAPARBUD Purwakarta, Dalam rangka ulang tahun ke 5 kabupaten Purwakarta, Pemerintah kabupaten Purwakarta gandeng Fintektok gelar acara edukasi tentang Financial Teknologi Kepada Masyarakat.seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan, para industri sektor jasa keuangan di Indonesia serta antusiasme yang tinggi, membuat ekosistem finansial teknologi Indonesia cukup tinggi. Maka perlu di adakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai apa dan bagaimana Fintech itu.

Acara yang bertajuk "Fintektok : Pengenalan Fintek dan Manfaat Bagi Masyarakat" digelar Pemerintah Purwakarta melalui Dinas Pemuda, Olahraga Pariwisata dan Budaya

Acara yang terbuka ini berformat talk show, dan terbuka untuk umum. Lebih dari 400 warga kabupaten Purwakarta ikut dalam acara ini. Talk show diadakan dengan menggandeng Fintekmedia.id , Portal Informasi Fintek Indonesia dan mengundang berbagai elemen masyarakat di Purwakarta mulai dari pelajar, mahasiswa, pemuda, dan organisasi kemasyarakatan.

Acara Fintektok ini juga menghadirkan narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pelaku Fintech di Indonesia.
Diantaranya Luna Amirahdya dari Otoritas Jasa Keuangan, Asri Anjani dari Cash Wagon atau PT. Kaswagon Indonesia, ada juga Reggy Sinaga dari PT. Unikas Indonesia Pasifik, dan Aden Budi dari Modal Antara. Dalam acara ini hadir pula berbagai perusahaan Fintech dan keuangan seperti Cashwagon,  Adakita, pasar pinjam, Lumbung dana, Modal Antara, Narada Assets Management, dan Emergeneticks Indonesia.
Acara ini pun di siarkan secara langsung lewat Instagram dan Facebook.




Sosialisasi yang diadakan memberikan edukasi tentang Fintech yang merupakan suatu kegiatan yang di wajibkan oleh OJK kepada para pelaku Fintech yang telah terdaftar, ada 113 dengan berbagai jenis produk pinjaman, dari pinjaman konsumtif hingga pinjaman produktif.

Tuntutan hidup yang semakin hari serba cepat, banyak masyarakat mulai mencari kemudahan dalam setiap masalah. Seperti masalah keuangan dan harus mendapatkan uang cash cepat tapi tidak bisa pinjam ke bank. Nah untuk itu banyak masyarakat mulai memilih Fintech sebagai jawaban dari masalah keuangan dengan meminjam uang secara online.

Seperti yang bapak Reggy Sinaga (Public Relation Manager Adakita) sampaikan, Fintech adalah segala kebutuhan finansial yang di topang banyak masyarakat yang belum paham apa itu Peer 2 Peer lending.
Jadi Finansial Tekhnologi/ Fintech adalah penyedia layanan pinjaman berbasis teknologi informasi. Platform Peer 2 Peer (P2P) lending ini mempertemukan pemberi pinjaman dana dengan peminjam dana yang belum tersentuh oleh Bank secara online tanpa proses yang panjang.



Bapak Reggy Sinaga pun memaparkan bahwa untuk meminjam di Fintech, tidak perlu di survey, tidak perlu jaminan, tidak perlu dokumen fisik, dan waktu pinjaman lebih cepat.

Ada kita termasuk Fintech yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, yang sudah terdaftar sejak 1 February 2019. Visi dan misi nya yaitu memberikan layanan yang maksimal dengan tujuan memberikan kepuasan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Untuk itu Adakita menawarkan produk khusus UMKM, karena Platform ini melihat banyak sekali UMKM di Indonesia yang belum tersentuh oleh Bank. Untuk itu produk pinjaman yang di tawarkan ada produk pinjaman UMKM, pertanian, perikanan, pengobatan, dan renovasi rumah.

Jadi anda bisa bertransaksi di Platform Adakita dengan aman, caranya anda bisa mendaftar sebagai Borrower ( peminjam dana), atau ingin menambah pasif income dengan mendaftar sebagai Leader (pendana).

Informasi lebih lanjut PT. UNIKAS INDONESIA PASIFIK (ADAKITA):
Website : www.adakita.co.id
Phone : +6281292888858
Office : Ruko Pinangsia Blok M no 38-39, Lippo Karawaci Tangerang Banten.

Kita sebagai masyarakat yang pintar harus dapat memilah dan membedakan Fintech yang legal dan ilegal. Fintech ilegal kian menjamur, mereka menerapkan bunga yang sangat tinggi dan mencekik para nasabah nya. Untuk Fintech seperti itu OJK sering mengambil tindakan dengan menutup platformnya, tapi tak jarang Fintech yang nakal itu pagi hafi di tutup platformnya, sorenya mereka buka lagi pakai nama yang lain.

Dari sisi nasabah, ada juga yang melakukan tindakan yang kurang terpuji dan tidak punya etika. Kebanyakan dari mereka terjebak dengan lingkaran setan pinjaman online lantaran tidak berfikir panjang dalam mengajukan pinjaman, karena saking mudahnya, bahkan ada nasabah yang mengajukan pinjaman dari banyak Fintech

Acara yang didukung penuh dari OJK dan Assosiasi Fintech pendanaan bersama Indonesia (AFPI) ini bertujuan memberikan edukasi dan sosialisasi khususnya kepada masyarakat Purwakarta mengenai perkembangan teknologi di bidang keuangan, produk-produknya, dan bagaimana prakteknya di masyarakat.



Fintektok yang merupakan brand event dari Fintek Media telah rutin mengadakan acara sosialisasi di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Purwakarta, Bogor, Semarang, Lombok, Bali, hingga Makasar. Saat ini event Fintektok sudah memasuki gelaran ke 8.

Dengan diadakan acara ini semoga masyarakat Indonesia khususnya Purwakarta dapat lebih pintar memilih Fintech yang resmi, dan masyarakat dapat lebih bijak dalam mengatur keuangan.



Terimakasih,
Wassalam.








18 komentar:

  1. Acaranya bagus yaa FintekMedia memberikan sosialisasi dan edukasi fintech utk masyarakat

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih teliti lagi kak, sebelumnya kita bisa browsing dulu cari tempat pinjaman uang yang telah di awasi oleh OJK.
      Terimakasih juga sharing nya🙏

      Hapus
  3. Emang baiknya kita harus mengenal dulu ya bun mana fintech yang baik yang harus kita gunakan

    BalasHapus
  4. Makin di manjain, kudu makin hati².. ttp wajib bijak dlm soal financial.. 😊

    BalasHapus
  5. Hebat fintektok ini udah jd event ke 8 yaa... Baguslah sosialisasi nya

    BalasHapus
  6. Aku selalu tertarik dengan dunia Fintek mba baiknya memang cari fintek yang dilindungi OJK agar smua data2 kita juga aman

    BalasHapus
  7. Orang Purwakarta kaya kaya ya..sampai sosialisasi fintech berada di kota ini, selanjutnya sosialisasinya di kota mana?

    BalasHapus
  8. Wah sekarang lebin tau ya apa itu fintech teknologi, sosialisasinya sangat bagus sekali, masyarakat jadi lebih tau manfaat fintech itu sendiri

    BalasHapus
  9. Fintech semakin dikenal beragam ya, dan adanya fintech baru ada kita. Eh iya penulisannya gimana yak, Adakita ata ada kita?

    BalasHapus
  10. Zaman sekarang pinjem duit mesti hati2 ya bun, salah pilih mlh lintah darat yg dapat

    BalasHapus
  11. semakin banyak fintech yang bertebaran dimana-mana , tetap kita pilih fintech Adakita yang sudah terdaftar di OJK

    BalasHapus
  12. Edukasi AdaKita ini, sebaiknya diadakan juga di daerah lain biar kita jadi tahu dan mengerti dengan manfaatnya.

    BalasHapus
  13. bagus ya ada sosialisasi seperti ini biar masyarakat jadi melek keuangan dan melek investasi

    BalasHapus
  14. Edukasi seperti ini di perlukan sekali yah buat masyarakat dan orang sekitar agar aware dengan investasi

    BalasHapus
  15. Infi nya manfaat sekali, jd lebih melek lg ttg funtech. Tp tetep ya harus lebih selektif dan teliti lg memilih fintech yg legal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bun.. ada baiknya kita mencari informasi tentang Fintech yang legal, yang sudah pasti di awasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK)

      Hapus
    2. Iya Bun.. ada baiknya kita mencari informasi tentang Fintech yang legal, yang sudah pasti di awasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK)

      Hapus