Sabtu, 20 Juli 2019

KOBOY KAMPUS , KISAH ANAK KULIAH ERA 90'



Assalamualaikum Wr.Wb



Orang bilang masa remaja itu masa yang paling indah, masa yang tidak akan datang kembali, masa yang memang seharusnya diisi dengan hal hal yang positif karena itu yang akan kita atau orang lain kenang nanti di saat umur kita memasuki usia senja.

Di usia belasan tahun, adalah usia dimana seorang anak memasuki fase kehidupan baru berpindah dari anak anak ke usia remaja lalu pra dewasa, yang gejolak jiwa muda nya masih berada api api. Terlebih memasuki jenjang universitas.

Seorang sineas muda bernama Pidi Baiq yang berkolaborasi dengan MBC Pictures yang menggandeng 69 production berhasil menggarap sebuah film layar lebar drama remaja yang berjudul Koboy Kampus : Anderstending The Panas Dalam, yang di adaptasi dari novel karya nya dengan judul yang sama. Dan ternyata Pidi Baiq ini pula yang menulis novel sekaligus film remaja yang sangat laris, yaitu Dilan.

Pidi Baiq dibantu oleh Tubagus Deddy menyutradarai film ini yang mengangkat kehidupan tentang sang penulisnya pada era pemerintahan orde baru di tahun 1995. Pidi Baiq melalui karya karya nya bersama The Panas Dalam band membentuk Negara Republik Kesatuan The Panas Dalam. Yaitu sebuah negara yang mempunyai luas negara seukuran ruang studio di kampusnya.

Pada hari Kamis tanggal 18 Juli 2019 bertempat di kawasan XXI Epicentrum Jakarta Selatan, film Koboy Kampus ini mengadakan Press Confrees. Ara ini dihadiri oleh pihak MNC, 69 production, produser, serta artis pendukung dan pihak pihak yang terkait di film ini.
Gala premiere film Koboy Kampus ini di lakukan di dua tempat, Jakarta 18 Juli 2019 dan kota Bandung 21 Juli 2019.




69 production yang sudah lama di dunia entertainment ini pada awalnya hanya menggarap dan memproduseri musik saja dan ini adalah kali pertama nya bekerja sama dengan MNC Pictures. Karena awal mula nya di buat film ini karena kegemaran para produsernya akan musik musik dari The Panas Dalam Band yang di gawangi oleh Pidi Baiq.

Diceritakan Pidi Baiq duduk di bangku kuliah di fakultas seni rupa dan desain (FSRD) Institute Teknologi Bandung (ITB). Ia seorang pemuda yang baik, teman teman satu kampus nya sangat menghormati dan segan padanya, tak jarang ia dijadikan tempat curhat atau tempat untuk meminta pendapat teman teman di kampus nya. Ia sangat mengkritik dengan cara pemerintahan orde baru kala itu, tapi ia mempunyai cara yang lebih kreatif ketimbang turun ke jalanan seperti pada mahasiswa/i kenanyakan.

Film yang berlatar belakang kota Bandung ini juga menceritakan tentang keisengan dan kejahilan Pidi Baiq dan teman teman nya dalam membentuk Negara Republik The Panas Dalam yang Presiden terpilih nya adalah Deni yang di perankan oleh Bisma Smash.

Understending The Panas Dalam, memahami The Panas Dalam, sebelum film ini muncul lagu lagu dalam film Koboy Kampus ini sudah ngetop dulua. Lagunya tentang mahasiswa yang gak lulus lulus, rintihan, dan keluh kesah mahasiswa. Lagu lagu nya cukup unik karena musik yang di sajikan tidak terpaku satu jenis musik saja atau satu genre saja yang pasti enak enak deh lagu nya. Yang konon telah di produseri ole Warner musik Indonesia.

Film yang bercerita tentang anak kampus tempo dulu ini di bumbui dengan komedi komedi ala Pidi Baiq yang pastinya kocak dan mengocok perut penonton nya.

Anak yang sedang atau pernah merasakan bangku kuliah harus nonton film Koboy Kampus. Apalagi anak ITB dan UnPad kudu wajib nonton film ini karena pas banget nih untuk anak muda.

Film Koboy Kampus ini sangat recommended banget ada musisi yang lagi ngetrend hits seperti Jason Ranti dan Danilla Riyadi. Jason Ranti yang memerankan tokoh Pidi Baiq ini sangat pas dan cocok untuk karakter Pidi Baiq waktu masih duduk di bangku kuliah. Sedangkan Danilla Riyadi berperan sebagai Nova. Mereka tergabung dalam film Koboy Kampus yang kerap menjalani kehidupan tanpa aturan. Mulai dari jarang pulang kerumahnya sampai keseringan berbicara politik dalam kampus. Seru banget loh lihat mereka di pasangkan, cocok dan bikin gemes deh. Ini pertama kalinya melihat mereka berakting, gila ternyata keren banget.

Selain kedua musisi tersebut, film Koboy Kampus juga dibintangi oleh sejumlah nama artis terkenal seperti Bisma Smash sebagai Deni, Ricky Harun sebagai Ninu, Miqdad Addausy sebagai Dikdik, David John Schaap sebagai Erwin, Vienny Jkt48 sebagai Nia, Jennifer Lepas sebagai Inggrid, Anfa Safitri sebagai Riyanto dan Christina Colodam sebagai Santi.



Salah satu pemeran nya Bisma Karisma yang merupakan jebolan dari band smash ini mengakui tak butuh waktu lama untuk menerima tawaran bermain di film Koboy Kampus. Bisma yang berumur lebih muda diantara pemain lain tidak merasa kesulitan berakting menjadi Presiden di Republik Panas Dalam. Karena ia merasa mempunyai kedekatan khusus dengan film yang mengisahkan kehidupan Pidi Baiq semasa kuliah.

Keseruan lain dalam film Koboy Kampus ini juga ada pada Anfa Safitri yang berperan sebagai Rianto. Saksikan bagaimana keluguan dan kelucuan Rianto ini dalam menyatakan cinta dengan gadis pujaan nya, dan aksi Ninu yang diperankan oleh Ricky Harun ini mengejar ngejar cewek kampus yang sedang melaksanakan ospek. Disitu akan terlihat bagaimana gaya gaya remaja tempo dulu dalam meraih dan merayu sang pujaan hati. Tenang, "Perempuan tidak hanya dia, ada 3 miliyar 21". Dan banyak lagi keseruan yang akan ditampilkan di film Koboy Kampus.

"Kampus mu adalah kampusmu, tetap yang terbaik, orang orang harus tau, semuanya adalah romantisme sisanya adalah perjuangan". Sebuah quotes dari Pidi Baiq yang menggambarkan kisah Koboy Kampus yang akan tayang mulai 25 Juli 2019 di bioskop kesayangan pemiliknya



Terimakasih,
Wassalam







21 komentar:

  1. Instagram Pidi Baiq aku follow sejak lama sebelum film Dilan Booming. Hehe. Jadi udh ngikutin cerita dia juga tentang The Panas Dalam. Kisah kehidupannya gak jauh-jauh dari anak muda slengean, santai, sopan tapi pinter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah? Wah penggemar Pidi Baiq sejati ini..hehehe...

      Hapus
  2. Seru sekali , jadi pingin nonton, apalagi mengedukasi sekali ini cerita filmnya, ga di ragukan karya Pidi Baiq selalu ok

    BalasHapus
  3. Jadi ingat waktu jadi anak kampus ih.

    Aku pernah ketemu sama si Ayah ini (Pidi Baiq) orangnya memang nggak serius kali ngomong tapi bermakna.

    Wah baca ulasannya seru banget ya nontonnya barengan temen kampus sambil reunian pasti seru neh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. sambil mengulang memory ya..😁😁

      Hapus
  4. Aku tunggu film ini masuk aplikasi Hooq tsel aja deh, mengingat kondisi aku yg lagi gak bisa ke bioskop.

    BalasHapus
  5. Filmnya seru dan asik ya, ala kuliah jaman tahun 90an, memang menjadi saatnya bernostalgia

    BalasHapus
  6. Filmnya bkin kita bernostalgia nih nonton kpboy kampus jadi terkenang masa2 dlu hehhs

    BalasHapus
  7. Daku pingin lihat Jason Ranti lagi deh, kocak banget dia memerankan tokoh Pidi Baiq sepenuh hati gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. kita tunggu karya-karya nya lagi ya..

      Hapus
  8. Seru sekali film Koboy Kampus ya, jadi pengen nonton juga

    BalasHapus
  9. Lucu juga nih kayaknya film nya.. Aalagi gaya ayah selalu beda dalam karyanya

    BalasHapus
  10. Aku Suka sekali nonton film indonesia saat ini, kenapa? Karena lelucuannya bener bener bikin ngakak habis deh..

    BalasHapus
  11. film koboy kampus mengingatkan kita dijaman kuliah dulu, kapan saya diwisuda, hadeuh ngabisin duit orang tua nih ....

    BalasHapus
  12. Nonton film ini berasa nostalgia banget pasti buat aku. Secara jamannya pas banget jaman aku kuliah. 90 an 😀

    BalasHapus